twitter


 



Posting ini juga buat Opik, adik bungsu saya tercinta yang kini hidup terpisah dari ibu, karena menuntut ilmu di Malang. Pagi hari, ponsel kakaknya yang jelita ini bergetar. Dia bertanya hal yang sangat penting dengar hai dengar: bagaimana caranya membuat teh sereh!

Tempo hari saat liburan di Jakarta, dia termehek-mehek kami jamu dengan teh itu. Diminum hangat-hangat saat gerimis, anget. Siang hari, tinggal cempungin es batu. Suegerrr rek!

Resep ini ketemu secara kebetulan. Bersama si Kakak, menantang diri membuat teh rasa sama dengan teh sereh di resto Vietnam favorit kami. Aturan mainnya, tak boleh mencontek literatur apapun, even itu internet.

Dan......sukses jaya saudara-saudara. Ingin tahu caranya? Begini ....... *kibas-kibasin rambut bentar, biar makin kayak chef yang cantik dan seksi itu*

1. Delapan batang sereh (yang tua jangan yang muda) dipotong kecil-kecil. Lebih top lagi kalau diblender sekalian. Tapi berhubung gelas blender dipecahin sama tukang gas (terlalu bersemangat mencabut regulatornya sampai menghajar gelas blender di rak piring terlempar ke udara...sayangnya jatuhnya gak pakai efek slow motion kayak di film-film), maka serek saya iris tipis-tipis (kalau Kakak pakai gunting)

2. Masukkan dalam panci, tuang empat gelas air. Didihkan.

3. Biarkan mendidih sampai kurang lebih 5 - 10 menit, kemudian masukkan gula batu secukupnya dan teh tabur. (jangan teh celup ya, rasanya beda ntar) Biarkan mendidih 1 - 2 menit.

4. Saring, dan siap dihidangkan. Kalau si Kakak, paling senang lapisan kedua daun serehnya digulung, kemudian dijadikan sedotannya.

5. Saran penyajian:  sepoton sereh biarkan utuh, kemudian dipajang di gelasnya saat dihidangkan.






4 comments:

  1. hehe..thanks mba..

  1. sukses om, bikinnya? kalau gak, tar di Jakarta kita bikin bareng-bareng deh...

  1. krank sukses mba,,kmren buatnya pake teh clup si,,skrank persediaan sereh dah habis..hehe..insya Allah kalau lburan..

  1. Terima kasih untuk resepnya, bisa membuat sendiri di rumah..

Post a Comment

Komentar Teman: